SEMINAR MENTAL HEALTH PROMOTION AND SUICIDE PREVENTION

  • Home
  • Berita
  • SEMINAR MENTAL HEALTH PROMOTION AND SUICIDE PREVENTION
  • Dwi Nursiti

    Medan, 9  Desember 2019

     

    Mendekati penghujung tahun, Program Studi Psikologi Universitas Sari Mutiara Indonesia bekerja sama dengan HIMPSI Wilayah Sumatera Utara mengadakan acara seminar dengan topik Mental Health Promotion and Suicide Prevention. Seminar ini menghadirkan dua narasumber yang berpengalaman yakni Dra. Irna Minauli M.Si., Psikolog dan Juliana I Saragih M.Psi., Psikolog dilaksanakan pada hari Sabtu, 7 Desember 2019.

    Acara dihadiri oleh 350 orang peserta dari tujuh program studi/fakultas Psikologi yang berada di seluruh Kota Medan. Pembukaan dimulai dengan kata sambutan dari Ketua HIMPSI Wilayah Sumatera Utara yakni Ilmiah, M.Psi., Psikolog dan dilanjutkan dengan pemaparan oleh kedua narasumber dengan moderator Emma Fauziah, M.Psi., Psikolog.

    “Bunuh diri merupakan masalah kesehatan global yang mengalami peningkatan kejadian yang cukup signifikan, dimana hampir 800.000 nyawa hilang akibat bunuh diri” seperti yang dijelaskan oleh Ibu Irna Minauli M.Si., Psikolog. “ Dan laki-laki lebih banyak berhasil melakukan bunuh diri dibanding perempuan, walaupun dalam hal usaha bunuh diri perempuan lebih banyak dibanding lelaki” dilanjutkan oleh Ibu Irna. Oleh sebab itu maka usaha-usaha dalam mencegah bunuh diri tetap harus digiatkan.

    Pemaparan materi kedua oleh Ibu Julia I Saragih M.Psi., Psikolog, beliau menyatakan “Saat kamu berpikir negatif tentang dirimu, engkau  sedang menggebuki dirimu secara  psikologis….akibatnya mentalmu bisa sakit…. Atau saat engkau berfikir negatif dan mengggosipkan orang lain, engkau sedang menabung virus pada psikologismu. Akan berbeda jika saat kamu menabur kata-kata positif, senyum, pujian yang tulus atau kebaikan, semua itu akan kembali lagi kepadamu dan menambah happiness hidupmu.”

    Manusia seringkali becita-cita untuk membahagiakan orang tua, pasangan atau anak, padahal mereka perlu membahagiakan diri mereka sendiri terlebih dahulu. Oleh karenanya jangan lupa untuk membahagiakan diri sendiri terlebih dahulu dan ditebarkan ke orang-orang lain di sekitar kita.

    Bagikan ke Sosial Media

    Tags: